Kena blacklist, admin tidak bisa login berhari-hari #CeritaBryan4

Siapa yang pernah merasakan diblacklist dari properti anda sendiri? Iya jadi singkatnya, saja juga merasakannya. Saya sebagai admin dari website ini telah berhari-hari tidak bisa login. Terlebih, nasib 8 orang lainnya berada di atas tangan saya, membuat saya semakin panik. Lantas, bagaimana ceritanya?

Jadi, beberapa hari yang lalu, seperti biasanya, saya login ke website ini dan ternyata diberi respon 403 – Forbidden – Access to this resource on the server is denied! Jujur pertama kali, saya tidak kaget. Saya menanggap bahwa ini hanyalah bug yang terjadi beberapa menit. Ternyata, setelah mencoba berkali-kali setiap jam. Hasilnya nol, saya masih tidak bisa masuk. 

Oke, saya mulai bingung apa yang harus dilakukan. Hal ini semakin membuatku bingung ketika saya mengetahui bahwa editor-editor lainnya tidak memiliki masalah dalam login. Jadi masalahnya hanya di admin? Saya searching di internet. Ternyata, ini semua ada hubungannya dengan plugins yang saya aktifkan.

Mengingat ke beberapa hari sebelumnya, iya memang benar saya telah menginstall beberapa plugins, termasuk plugins di aspek security. Sebenarnya, plugins security ini saya coba karena pada waktu itu, website relungsenandika masih not secure. So basically, saya hanya mencoba-coba download mana yang bisa membuat website ini secure. 

Kembali ke searching, saya disodorkan berbagai istilah baru yang sebenarnya sudah sering saya dengar, tetapi tidak mengerti artinya. Cache, cookies, blacklist IP; itu semua saya pelajari dalam semalam. Saat itu, saya merasa seperti belajar cyber security walaupun hanya untuk tugas uprak.

Akhirnya, saya mendapatkan bahwa terdapat sebuah plugins yang memblokir IP address saya karena telah melakukan berbagai pengaturan signifikan pada website. Jadi, saya dianggap sebagai penyusup? 😅

Walaupun sudah mengganti device, browser, bahkan account; saya masih terblokir. Ternyata solusinya adalah dengan mengganti jaringan. Jadi, saya gunakan kuota sebagai ganti dari wifi yang sudah diblacklistkan. 

Moralnya, ternyata meskipun saya sebagai admin dihadapkan dengan masalah yang menjengkelkan, terdapat hal positif yang bisa diambil. Saya menjadi belajar yang namanya cyber security, yang tentunya akan berguna di masa depan. Thank you Loginizer! Thank you Wordfence! Thank you IThemes! Kalian sudah membuatku hectic di hari terakhir.

 

Baca artikel TIK lainnya

2 Replies to “Kena blacklist, admin tidak bisa login berhari-hari #CeritaBryan4”

  1. Stevanus Adrien Sanjaya says:

    Perjuangan keras hadapi masalah.
    Tidak kalah oleh masalah.
    Tetap semangat!!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *