Eps 4: World War?

“Tak akan ada sesuatu pekerjaan yang berjalan dengan lancar dalam suatu kelompok apabila banyak miscommunication di dalamnya”

Miskomunikasi adalah kesalahan pengertian sehingga menghasilkan respon yang berlawanan dengan tujuan atau maksud yang diharapkan. Itulah salah satu permasalahan yang saya alami bersama kelompok Ujian Praktik ini. Saya benar-benar belajar banyak dari pengalaman tersebut. Saya meyakini bahwa ini menjadi salah satu hambatan terbesar bagi teamwork karena tujuan/misi utama tak akan tecapai. Terutama bagi kita yang mengerjakan secara daring maupun orang yang WFH pasti akan sering menjumpai permasalahan ini.

Puncak permasalahan dalam kelompok saya adalah pada h-4 pengumpulan video. Gerakan senam memang sudah dibuat dan direkam untuk dipelajari anak lain. Namun, sudah disampaikan bahwa ada revisi untuk gerakan di akhir dan jika ingin mulai rekaman kalian bisa memulai dari rekaman kelompok terlebih dahulu. Mungkin saja karena terlalu banyak pekerjaan, sebagian anak tidak membaca pesan tersebut. Akhirnya, ada 3 orang yang sudah merekam dari awal hingga akhir.

Keesokan harinya dikirimkan gerakan yang sudah pasti atau ter-update. 2 orang anak juga sudah mulai merekam dengan gerakan terbaru. Disinilah letak permasalahannya, seharusnya kami semua menggunakan terbaru tetapi karena satu dan hal lain terjadilah bentrokan ini. Sempat terjadi cekcok di kelompok kami, karena tidak ada yang mau mengulang kembali gerakan senam tersebut dan saling menyalahkan satu dengan yang lainnya.

Saya sempat merasa bingung dimana letak akar permasalahannya, hingga akhirnya beberapa anak chat pribadi ke saya. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah miscommunication. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Ini karena kita kurang membangun komunikasi yang baik dan malu bertanya saat tidak mengerti apa yang harus dilakukan. 2 hal yang seringkali dianggap sepele, namun memberikan dampak yang sangat besar saat mencapai puncaknya. Seringkali kita merasa malu ingin bertanya karena dianggap tidak menyimak, dsb. Nyatanya tak ada yang salah jika kita ingin mengkonfirmasi kebenaran suatu pekerjaan/informasi.

Bagaimana cara menghindari miscommunication?

  • Saat menyampaikan pesan hendaknya disampaikan dengan baik dan bisa disampaikan 2x
  • Sering berdiskusi terhadap rekan kerja agar memiliki hubungan yang semakin baik
  • Mencatat hal penting yang disampaikan agar tak salah saat bekerja
  • Bertanyalah saat tak mengerti
  • Jangan berdiskusi saat mood sedang buruk karena ucapan kita bisa saja melukai perasaan orang lain

Saya belajar bahwa dalam menghadapi suatu permasalahan jika dibicarakan dengan tenang lebih baik daripada harus saling menyalahkan dan tidak menemukan apa yang salah dalam teamwork tersebut.

 

12 Replies to “Eps 4: World War?”

  1. ket says:

    komunikasi dalam kelompok sangat penting. semoga komunikasi dapat di tingkatkan

    Reply
  2. Fransiska says:

    Dalam kelompok, komunikasi itu penting banget, selain itu menurunkan ego masing-masing juga sebuah keharusan

    Reply
  3. mariaa says:

    betul, dalam sebuah kelompok harus lebih mementingkan tujuan bersama daripada tujuan sendiri

    Reply
  4. mariaa says:

    benar, dalam sebuah kelompok harus lebih mementingkan tujuan bersama daripada tujuan sendiri

    Reply
  5. Natasya Michelle says:

    Benar komunikasi antar kelompok haruslah selalu dijaga agar tidak terjadi kesalahan

    Reply
  6. Natasya Michelle says:

    Benar komunikasi antar kelompok haruslah selalu dijaga agar tidak terjadi kesalahpahaman

    Reply
  7. Winston Sujayaputera says:

    Memang benar sekali, komunikasi memainkan peran penting dalam menjaga kekompakan dan kesolidan dari sebuah kelompok agar tidak terjadi kesalahpahaman.

    Reply
  8. Celin says:

    Dalam kelompok juga perlu untuk menurunkan egonya masing-masing sehingga tujuan kelompok dapat tercapai. Tidak hanya beberapa pihak saja tetapi semua pihak yang ada dalam kelompok

    Reply
  9. Stevanus Adrien Sanjaya says:

    Lihat team speak bola begitu padu, saling mengerti satu sama lain. Apakah terbentuk dalam 1 hari??? No
    Butuh latihan dan kebersamaan, apa yang dia mau, apa yang dia mampu, lari ke mana, kemampuan membaca permainan, kemampuan maksimalkan peluang, kemampuan berkomunikasi dan membaca, bahasa tubuh dari anggota team. Harmonisasi butuh latihan dan menanggalkan ego sebagai bintang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *