Makna di Balik Suatu Masalah

Ditulis oleh Nathanael Adrien Yohanta

Pernah gak sih kita berpikir untuk apa Ujian Praktik diadakan? Mungkin sebagian besar teman yang masih duduk di bangku sekolah, khususnya tahun ajaran terakhir, berpikir bahwa Ujian Praktek yang diberikan tidaklah berguna, hanya buang-buang waktu dan tenaga saja, bahkan ada yang mengatakan bahwa ujian ini diadakan demi mengisi kolom nilai agar tidak kosong. Ya, saya pun berpikir demikian awalnya, bahkan sampai saat saya menulis kalimat pertama dari artikel ini. Coba kita renungkan kembali, seburuk itukah pelaksanaan Ujian Praktik di masa pandemi seperti sekarang? Namanya juga ujian, ya pasti fungsinya untuk menguji kita. Lalu apa yang diuji? Yang diuji adalah bagaimana respon kita terhadap ujian itu sendiri.

Tugas Sebagai Suatu Masalah

Asumsikan bahwa tugas dan ujian adalah suatu masalah, kita ditantang untuk bisa menyelesaikan masalah itu dengan baik. Masalah tersebut biasanya menimbulkan masalah baru lainnya. Dimulai dari bagaimana kita menyelesaikan masalah utama berupa Ujian Praktek, lalu muncul sebuah masalah lain yang berkaitan dengan manajemen waktu, kerjasama tim, manajemen emosi, dan sebagainya. Untuk bisa menyelesaikan masalah utama, kita harus menyelesaikan dahulu anak permasalahannya. Inilah yang dinamakan The Art of Problem Solving, sebuah skill yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, apapun fase hidupnya karena manusia tidak pernah luput dari masalah.

Persiapan Menghadapi Masalah yang Lebih Berat

Bayangkan ketika kita berhasil menyelesaikan masalah ini dengan baik, tentunya kita akan lebih siap dalam menghadapi masalah yang lebih berat. Hal itu secara tidak langsung juga mengajari kita bagaimana cara bekerja di bawah tekanan. Mungkin berkat ujian ini, suatu saat saya akan merasakan dampaknya ketika berada di perguruan tinggi dan dunia kerja, di mana realita kehidupan sesungguhnya akan lebih jelas.

Suatu saat, mungkin kita akan rindu dengan kenangan ini. Kenangan ketika kita kejar-kejaran dengan waktu untuk membuat video, mulai dari proses perencanaan, shooting film, hingga proses editing. Kenangan lain mungkin berupa perasaan yang bercampur aduk ketika berada di dalam tekanan, tugas dan ulangan yang menumpuk bahkan menjelang Uprak, dan sebagainya. Kita tidak pernah bisa menilai baik buruknya suatu peristiwa sebelum membiarkan waktu yang membuktikanya. Terkadang kita baru bisa menilainya jauh setelah masalah tersebut berlalu.

13 Replies to “Makna di Balik Suatu Masalah”

    1. Nathanael Adrien says:

      Ketidaktahuan diri selalu menyebabkan banyak masalah lho man, wkwk. Btw km cocok jd peran antagonis HAHA

      Reply
  1. Christian C says:

    Satu kata untuk tulisan ini , AMAZING. Tulisan ini sangat menginspirasi bagi para pembaca. Memang terkadang sesuatu terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita menyikapi hal tersebut.

    Reply
  2. Stevanus Adrien Sanjaya says:

    Di balik masalah ada blessing in disguise.
    Masalah untuk asah karakter kita menjadi jauh lebih baik lagi. Keep moving forward!!!

    Reply
  3. Gabrielle says:

    Persoalan dan tantangan selalu ada selama kita hidup di dunia. Oleh karena itu jangan patah semangat dan terus jalani karena masih ada rintangan lain yang menunggu!
    Hard works will never betray you

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *