Suka Duka Uprak Online

Semenjak pandemi corona melanda Indonesia, kita sudah tidak bisa sekolah seperti biasanya. Kita harus belajar secara online melalui daring tatap muka di rumah masing – masing. Tentu pastinya ada banyak suka dan duka yang dialami oleh murid – murid. Contohnya ketika kita ulangan secara online tentunya pasti banyak yang menggunakan kesempatan itu agar bisa mendapat nilai yang bagus, yaitu MENCONTEK. Namun di sisi lain pasti para murid juga jenuh karena tidak bisa bertemu dengan teman dan guru tercinta.

Ujian praktek kita pun akhirnya secara online. Padahal namanya ujian “praktek” namun harus online, menyedihkan bukan? di sisi dukanya memang sangat menyedihkan karena kita tidak bisa menampilkan kemampuan kita secara maksimal, rasa tegang yang dirasakan para murid sebelum maju juga sudah tidak ada. Seolah – olah kita sudah tidak ada memori yang bisa dikenang saat ujian praktek. Namun di sisi lain juga pasti ada positifnya terhadap ujian praktek online ini. Yang pertama adalah kita tidak mungkin bisa salah saat menampilkan drama seperti kesaging, karena jika salah kita sisa mengulang rekaman kita. Kita juga tidak perlu menghafal teks atau gerakan karena secara online semua bisa diatur agar dapat memudahkan kita. Seperti contohnya ujian praktek mandarin, saya sangat bersyukur karena saya sama sekali tidak bisa mandarin. Namun karena online saya tidak perlu susah – susah untuk menghafal.

Walaupun bisa melihat skrip percakapan ataupun gerakan, masih banyak sekali kesalahan – kesalahan yang saya perbuat dalam proses perekaman video. terutama ujian praktek OR. Berikut adalah beberapa bloopers dari kesalahan – kesalahan saya….

4 Replies to “Suka Duka Uprak Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *