The Power That Overcome Difficulties!

The Power That Overcomes Difficulties!

Oleh Kenneth Nicholas

Have some calming music to accompany your reading journey! 😉

Minggu UPRAK adalah seminggu paling sibuk selama semester 2 ini. Banyak sekali tugas yang harus dikerjakan, banyak kerja kelompok yang harus diikuti, banyak ini, banyak itu, banyak semua.  Hal yang paling berkesan adalah saya harus mentranslate skrip drama Mandarin-OR tanpa bantuan dari teman-teman.

Singkat cerita, saya ditugaskan oleh teman-teman saya untuk mentranslate skrip drama Mandarin-OR ini. Awalnya saya tidak mau mengerjakan ini sendiri, namun saya berpikir, “Temen-temenku semua ws dapet tugas masing-masing, mosok aku dikasi tugas disuru translate tok gamau.”, sehingga saya berkenan mengerjakannya.

Saya dibantu oleh Tassa, Bella, dan Michael dalam mengerjakan skrip mandarin ini. Mereka berdiskusi membuat naskah dalam Bahasa Indonesia, dan saya menerjemahkan naskah itu ke dalam Bahasa Mandarin. Awalnya saya pikir sangat mudah, ternyata susah dan merepotkan wkwkwk.

Saya merasa kurang cocok dengan naskah yang diberikan kepada saya, sehingga saya meminta bantuan BryanNoel dan Nicole untuk merevisi naskah yang diberikan. Setelah selesai revisi, saya memulai mentranslate naskah tersebut satu per satu, kata demi kata, kalimat demi kalimat. Jujur saya tidak berani menggunakan Google Translate, karena terjemahan yang diberikan akan sangat berantakan, grammarnya sangat acak-acakan, sehingga saya menggunakan kamus untuk mentranslate naskah tersebut.

Setelah selesai mentranslate naskah tersebut ke dalam Bahasa Mandarin, saya ingin memastikan ulang apakah yang saya tulis sudah benar semua. Saya bertanya kepada teman papa saya yang fasih berbahasa mandarin, dan ternyata naskah yang saya translate sudah hampir benar semua, hanya ada beberapa kata saja yang salah.

Saya merasa sangat terbantu karena saya memiliki teman-teman yang membantu saya dalam menerjemahkan naskah ini. Walaupun saya menerjemahkan naskah ini sendiri, saya tidak bisa melakukannya dengan sempurna tanpa bantuan teman-teman saya. Memang cuma saya yang menerjemahkannya, tapi saya tidak bisa membuat naskah yang ceritanya nyambung satu dengan yang lain. Oleh karena itu, saya ingin berterima kasih dengan anggota kelompok saya yang sudah meluangkan waktunya untuk menyusun naskah Bahasa Indonesianya.

Saya sangat senang karena saya sudah ambil bagian dalam pengerjaan Ujian Praktek ini. Awalnya saya merasa sama sekali tidak membantu kelompok saya. Untunglah saya bisa berkontribusi dengan mentranslate naskah yang diberikan kepada saya.

Untuk cerita perjuangan saya dalam menghadapi susahnya UPRAK Olahraga (senam) bisa klik disini.

4 Replies to “The Power That Overcome Difficulties!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *